Thursday, April 24, 2008

“GOLD”

Product Fact

Emas adalah logam mulia yang memiliki simbol kimia Au aurum (Latin), yang berarti kilau dini hari dan mempunyai nomor atom 79. Merupakan logam-mulia yang sangat dicari sejak berabad-abad lampau, sudah digunakan sebagai uang, simpanan harta berharga dan untuk perhiasan. Emas dapat ditemukan sebagai bongkah emas atau butir-butir dalam batu-batuan, di dalam jalur bawah tanah dan di dalam cebakan aluvial. Emas juga satu bahan pembuatan uang logam. Emas bersifat rapat, lembut, berkilauan, lunak dan mudah dibentuk. Emas murni mempunyai suatu warna kuning yang terang dan menarik. Karena daya tahannya terhadap karat (korosi), emas kini juga banyak digunakan pada industri gigi (gigi palsu) dan industri elektronik (semi konduktor).

Emas digunakan dalam regulasi IMF (International Monetary Fund) untuk mendasarkan setiap mata uang negara anggotanya terhadap emas.kode ISO emas batangan (di bank) adalah XAU.

Afrika Selatan merupakan produsen Emas terbesar di dunia (50%), Negara-negara lain yang juga merupakan penghasil emas dunia adalah Amerika Serikat, Australia, China, Rusia, dan Peru. Negara kita tercinta Indonesia juga merupakan salah satu penghasil Emas dunia.

Harga Emas batangan sepanjang sejarah tercatat memiliki tingkat volatilitas yang tinggi, pada tahun 1910 batangan emas dihargai US$ 20.67 per ons, terus naik sampai mencapai US$ 40.25 per ons, ledakan harga emas pertama kali terjadi pada tahun 1980 dimana harga emas batangan mencapai US$ 641.20 per ons atau mengalami kenaikan sebesar 1633% dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2008 dikarenakan ancaman krisis keuangan di AS harga Emas mencetak rekor harga tertinggi yang baru melampaui US$ 1000 per ons.